Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi dengan menggunakan Tekhnik Bermain Peran terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru

Abudzar Chiffari, 11512103490 (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi dengan menggunakan Tekhnik Bermain Peran terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABUDZAR CHIFFARI.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Abudzar Chiffari, (2019) : Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi dengan menggunakan Tekhnik Bermain Peran terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui bepengaruh tidak penerapan metode simulasi dengan menggunakan tekhnik bermain peran terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru, dan objeknya pengaruh penggunaan metode simulasi dengan menggunakan tekhnik bermain peran terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 230 orang dan diambil sampel sebanyak 28 orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan test. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji T. Dari analisis hasil uji T diperoleh nilai akhir, thitung>ttabel taraf signifikan 5% (2,01) dan 1% (2,68) atau 2.01<3,51>2.68 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode simulasi dengan menggunakan tekhnik bermain peran terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Simulasi Bermain Peran, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:08
Last Modified: 07 Jan 2020 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24439

Actions (login required)

View Item View Item