PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU

Roni Fernando, (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh antara kemampuan penalaran matematika siswa yang belajar menggunakan strategi Metakognitif dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan strategi Metakognitif dengan pembelajaran konvensional”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Desaign. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Metakognitif dan variabel terikatnya adalah kemampuan penalaran matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru Tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII.1 dan VII.2, di mana kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Strategi Metakognitif dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan mengadakan prettest, empat kali pertemuan menerapkan Strategi Metakognitif dan satu kali mengadakan posttest. Untuk teknik analisis data menggunakan uji t. Dalam menginterpretasikan data dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,042 dimana nilai thitung adalah 3,90. karena thitung > ttabel, sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan Strategi Metakognitif dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. karena ada perbedaan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Feb 2016 08:39
Last Modified: 09 Feb 2016 08:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item View Item