Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Reward dan Punishment Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks.

Syarifah Wahyuni, - (2020) Pengaruh Penerapan Reward dan Punishment Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
upload lengkap.pdf

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Syarifah Wahyuni, (2019): Pengaruh Penerapan Reward dan Punishment Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tambang Tahun Ajaran 2018/2019, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan reward dan punishment pada model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu secara purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 kelas sehingga diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran problem solving yang berjumlah 34 siswa dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem solving dengan perlakuan reward dan punishment yang berjumlah 34 siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, tes tertulis (pretest-posttest) dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai t hitung > dari t tabel dengan taraf signifikan 5%, dengan nilai sebesar 8,515 > 1,996 Atau dengan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 dengan nilai sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Ini artinya ada pengaruh yang signifikan dari pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks dengan koefisien pengaruh sebesar 52,34,%. Kata Kunci: Model Problem Solving, Reward dan Punishment, Hasil Belajar, Reaksi Reduksi-Oksidasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:30
Last Modified: 06 Jan 2020 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24413

Actions (login required)

View Item View Item