PENGARUH PROFITABILITAS SAHAM TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DI GALERI INVESTASI SYARIAH DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Galeri Investasi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau)

Ivanio Agnes Sanjas, - (2020) PENGARUH PROFITABILITAS SAHAM TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DI GALERI INVESTASI SYARIAH DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Galeri Investasi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ivanio Agnes Sanjas (2019): PENGARUH PROFITABILITAS SAHAM TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DI GALERI INVESTASI SYARIAH DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Galeri Investasi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau) Penelitian ini dilakukan di Galeri Investasi Syariah UIN SUSKA Riau. Masalah yang melatarbelakangi judul penelitian ini berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa Profitabilitas dari saham yang sangat tinggi berbanding terbalik dengan minat mahasiswa untuk berinvestasi yang fluktuatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah profitabilitas saham berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA Riau dan bagaimana tinjauanya dalam perspektif ekonomi islam. Populasi dalam penelitian ini adalah 590 dengan jumlah sampel 84 investor yang diambil dengan menggunakan rumus slovin, metode yang digunakan adalah purposive sampling. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif, pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket kepada konsumen. Dari hasil penelitian berdasarkan uji regresi linier sederhana yaitu Y= 6,154+ 1,154X yang berarti bahwa variabel X (profitabilitas saham) memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel Y (minat berinvestasi). Jika profitabilitas saham semakin meningkat maka minat berinvestasi juga akan meningkat. Berdasarkan uji t diketahui nilai t hitung sebesar (17,686) > t (1,989) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini H 0 i tabel ditolak dan Ha diterima, diketahui bahwa profitabilitas saham berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi, Sedangkan uji R dilihat pada tabel IV. 12 bahwa nilai koefisien determinasi model adalah 0,792. Hal ini berarti bahwa 79% perubahan nilai variabel Y (minat berinvestasi) dipengaruhi oleh variabel X (profitabilitas saham). Selebihnya sebesar 21% perubahan nilai variabel Y (minat berinvestasi) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Dalam perspektif ekonomi Islam, Investasi merupakan pengorbanan sumber daya pada masa sekarang untuk mendapatkan hasil yang pasti, dengan harapan memperoleh hasil yang lebih besar di masa yang akan datang, baik langsung maupun tidak langsung seraya tetap berpijak pada prinsipprinsip syariah secara menyeluruh (kaffah). Selain itu semua bentuk investasi dilakukan dalam rangka ibadah kepada Allah untuk mencapai kebahagiaan lahir batin didunia dan akhirat baik bagi generasi sekarang maupun generasi yang akan datang. Kata Kunci: Profitabilitas Saham, Minat Berinvestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:09
Last Modified: 06 Jan 2020 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24405

Actions (login required)

View Item View Item