Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa SMP Negeri 1 Rambah

Lilis Arum Ravita, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa SMP Negeri 1 Rambah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (29MB)

Abstract

ABSTRAK Lilis Arum Ravita, (2019) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa SMP Negeri 1 Rambah Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada atau tidak adanya perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung jika ditinjau dari self regulated learning siswa SMP Negeri 1 Rambah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, 1) F_hitung=10,41 dan F_tabel=4,02 pada taraf signifikan 5%. Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) F_hitung=18,96 dan F_tabel=3,17 pada taraf signifikan 5%. Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis yang memiliki self regulated learning tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, 3) Adanya kontribusi yang diberikan self regulated learning 28,13% dan sisanya 71,86 % ditentukan oleh faktor lain, 4) F_hitung=0,79 dan F_tabel=3,17 pada taraf signifikan 5%. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self regulated learning siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:24
Last Modified: 06 Jan 2020 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24378

Actions (login required)

View Item View Item