Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION 2.1 (LVQ 2.1) DAN LEARNING VECTOR QUANTIZATION 3 (LVQ 3) UNTUK KLASIFIKASI SEL TUMOR OTAK

Ikrav Sagewa, - (2019) PERBANDINGAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION 2.1 (LVQ 2.1) DAN LEARNING VECTOR QUANTIZATION 3 (LVQ 3) UNTUK KLASIFIKASI SEL TUMOR OTAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
WATERMARK BAB 1,2,3,4 DAN 6.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 5)
WATERMARK BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tumor otak merupakan pertumbuhan sel-sel yang tidak normal didalam atau sekitar otak secara tidak wajar dan tidak terkendali. Tumor dibedakan menjadi dua golongan yang dibedakan berdasarkan oleh perkembangannya, yaitu tumor jinak dan ganas. Penyakit tumor ini dapat diidentifikasi dengan menggabungkan pengolahan citra dan teknik jaringan syaraf tiruan. Ektraksi gambar yang digunakan dalam kasus ini adalah dengan menggunakan fitur tekstur dari Gray Level Co-Occurrence Matrix. Learning Vector Quantization 2.1 dan Learning Vector Quantization 3 digunakan sebagai jaringan saraf untuk klasifikasi tumor otak. Kemudian menggunakan K-Fold untuk menghitung hasil akurasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akurasi tertinggi pada LVQ 3 sebesar 83,3% pada pengujian K-Fold Ke-9 dengan nilai window 0,5 dan learning rate 0,7. Akurasi terendah adalah 66% pada metode LVQ 2.1 . Kesimpulan dari penelitian ini algoritma yang diusulkan dapat mengidentifikasi tumor otak dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:24
Last Modified: 06 Jan 2020 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24352

Actions (login required)

View Item View Item