Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru

Yusinta, - (2020) Analisis Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Yusinta, (2019): Analisis Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Hal ini dilatar belakangi oleh masih ada peserta didik tidak bisa membuktikan setiap pendapat yang disampaikannya dalam diskusi pelajaran akuntansi, masih ada peserta didik tidak berani memberikan pertanyaan dan menyampaikan pendapat saat belajar akuntansi, dan masih ada peserta didik tidak membaca materi dan mencari referensi terlebih dahulu sebelum materi pelajaran akuntansi dijelaskan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas XII Ilmu-Ilmu Sosial di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Informan dalam penelitian ini adalah 12 orang peserta didik dan 3 orang guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi dapat dilihat dari empat indikator yaitu tanggung jawab 68,89%, percaya diri 56,48%, inisiatif 68,52%, dan motivasi 70,37%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi dapat dikategorikan “mandiri” dengan persentase 66,47% yang berada pada interval 61%-80%. Kata Kunci: Analisis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:20
Last Modified: 06 Jan 2020 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24349

Actions (login required)

View Item View Item