Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERENCANAAN ENERGI BAHAN BAKAR SEKTOR RUMAH TANGGA DI KOTA PEKANBARU TAHUN 2018-2022 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK LEAP

MEISHA DESIONASISTA, - (2020) ANALISIS PERENCANAAN ENERGI BAHAN BAKAR SEKTOR RUMAH TANGGA DI KOTA PEKANBARU TAHUN 2018-2022 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK LEAP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
full TA tanpa bab 4 MEISHA.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB 4 MEISHA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi Riau merupakan pengguna energi sektor rumah tangga yang terbesar di di Provinsi Riau dilihat dari jumlah rumah tangga di Pekanbaru merupakan jumlah rumah tangga terbesar di Provinsi Riau. Permintaan Energi pada sektor rumah tangga di kota Pekanbaru ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Meningkatnya permintaan energi pada sektor rumah tangga juga berpengaruh pada emisi yang ditimbulkan dari pemakaian energi itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan dan menganalisis permintaan, penyediaan, dan emisi yang ditimbulkan dari pemakaian bahan bakar sektor rumah tangga di Kota Pekanbaru dengan menggunakan perangkat lunak LEAP (Long-range Energy Alternative Planning System). Penelitiaan ini menggunakan dua scenario yaitu skenario BAU dan skenario RUED. Hasil prakiraan permintaan bahan bakar sektor rumah tangga menunjukkan bahwa pada skenario BAU dan RUED, prakiraan permintaan bahan bakar yang mengalami kenaikan yaitu bahan bakar LPG dan Gas Kota, kemudian bahan bakar yang mengalami penurunan permintaan yaitu bahan bakar minyak tanah, arang dan kayu bakar. Hasil Prakiraan Penyediaan dari bahan bakar LPG tidak mampu untuk memenuhi prakiraan kebutuhan bahan bakar LPG, sehingga perlu pengoptimalan pemanfaatan gas kota. Hasil Prakiraan emisi bahan bakar sektor rumah tangga kota Pekanbaru menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan emisi pada bahan bakar LPG dan gas kota dan penurunan pada bahan bakar minyak tanah, kayu bakar dan arang. Jika Skenario RUED terealisasikan maka kebutuhan, penyediaan dan emisi yang ditimbulkan akan berkurang daripada menggunakan skenario BAU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 06 Jan 2020 01:59
Last Modified: 06 Jan 2020 02:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24330

Actions (login required)

View Item View Item