PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU

Pitri Rosa, (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar Fikih siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe true or false. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab rumusan masalah 1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe true or false di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru? 2) bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru? 3) apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe true or false terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru?. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain posttes-only design with nonequivalent group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dengan objek penelitian tentang pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe true or false terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 104 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari kelas XI IPS yang berjumlah 24 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 24 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe true or false dalam pembelajaran Fikih tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 81,43%, dan hasil belajar pada mata pelajaran fikih yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe true or false memperoleh rata-rata 86,3889 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe true or false dengan rata-rata 79,1667. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa thitung atau to = 3,072 lebih besar dari tt signifikan 5% atau 3,072 > 2,021, ini berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih antar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe true or false dengan siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe true or false di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Feb 2016 06:34
Last Modified: 09 Feb 2016 06:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item