Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Media Kotak Belajar Ajaib (KOBELA) pada Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar.

Aulia Gita Dyani, - (2020) Pengembangan Media Kotak Belajar Ajaib (KOBELA) pada Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TESIS AULIA GITA DYANI.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Aulia Gita Dyani (2019): Pengembangan Media Kotak Belajar Ajaib (KOBELA) pada Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada materi sumber daya alam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran kotak belajar ajaib (KOBELA) pada materi sumber daya alam untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dasar penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE, tahap yang dilalui antara lain, analysis, kinerja dan kebutuhan siswa, design, perancangan media dan materi, development, validasi oleh ahli media dan ahli materi, implementasi, uji coba produk pada kelompok kecil dan terbatas dan tahap akhir evaluasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Validasi Produk oleh ahli media dengan hasil persentase 82%. Hasil penelitian media kotak belajar ajaib (KOBELA) yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (87,315%) dan sangat praktis (95,45% untuk kelompok kecil dan 96,3% untuk kelompok besar). Sedangkan nilai t_hitung sebesar 2,34263 dan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,021 maka t_hitung>t_tabel atau 10,913 >2,021, sehingga h_a diterima dan h_0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada minat belajar antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan Media Kotak Belajar Ajaib (KOBELA) pada materi sumber daya alam ini telah valid, praktis dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Kotak Belajar Ajaib (KOBELA), Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:56
Last Modified: 06 Jan 2020 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24317

Actions (login required)

View Item View Item