Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar

TIAGHARDINI, 11413200552 (2020) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK TIAGHARDINI, (2019): Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan asertif siswa, pelaksanaan layanan penguasaan konten dan efektivitas layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan asertif pada siswa. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Metode yang digunakan adalah metode one group pre-test and post test design dengan struktur “O ix 1 x O ”. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah efektifitas layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan asertif siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Sampel diambil sebanyak 12 orang siswa yang memiliki kemampuan asertif rendah siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti memberikan treatment kepada 12 orang siswa sebanyak 6 kali yaitu dengan melaksanakan layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik diskusi kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pretest, post-test, dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan asertif pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai wilcoxon ranks test dengan tingkat signifikasi bernilai 0.002 < 0.005, sehingga Ha diterima, artinya ada perbedaan antara kemampuan asertif untuk Pre test dan Post test. Dengan demikian sebelum dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok kemampuan asertif siswa berada dikategori rendah yaitu 49%. Setelah dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok, kemampuan asertif meningkat menjadi 77% dengan kategori tinggi. Kesimpulannya adalah kemampuan asertif siswa setelah dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok meningkat dengan rata-rata persentase 28%. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Penguasaan Konten, Diskusi Kelompok, Kemampuan Asertif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:12
Last Modified: 06 Jan 2020 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24310

Actions (login required)

View Item View Item