Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Minyak Bumi

Nur Aida Afrilya, - (2020) Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Minyak Bumi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] Text
NUR AIDA AFRILYA.pdf

Download (34MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Aida Afrilya, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Minyak Bumi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi minyak bumi kelas XI MIPA SMAN 5 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI MIPA 2 (kelas eksperimen) dan XI MIPA 3 (kelas kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pre-test dan post-test. Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) terhadap kemampuan literasi sains siswa dianalisis dengan menggunakan n-gain dan paired sample t-test dengan SPSS 21. Score n-gain yang diperoleh menunjukkan kemampuan literasi sains siswa mengalami peningkatan yang signifikan dengan kategori ‘tinggi’ untuk kelas XI MIPA 2 dan kategori ‘sedang’ untuk kelas XI MIPA 3. Hasil analisis data awal dan akhir diperoleh nilai thitung = -22,491, -ttabel = -2,0301 dan +ttabel = 2,0301 pada taraf signifikan 5%. Nilai -thitung < -ttabel dan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) terhadap literasi sains siswa pada materi minyak bumi kelas XI MIPA SMAN 5 Pekanbaru. Kata Kunci: Socio Scientific Issues (SSI), Literasi Sains, Minyak Bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:30
Last Modified: 03 Jan 2020 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24292

Actions (login required)

View Item View Item