Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS COMMUNITY OF INQUIRY (CoI) PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

RETNO, LIMAR KINANTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS COMMUNITY OF INQUIRY (CoI) PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Retno Limar Kinanti, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Community of Inquiry (CoI) Pada Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur Terhadap Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran blended learning berbasis community of inquiry terhadap hasil belajar siswa. Bentuk penelitian ini adalah quasi eksperimen, yaitu bentuk penelitian yang menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang menentukan perbedaan dua variabel. Jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X IPA 4 (eksperimen) yang mendapatkan perlakuaan model blended learning berbasis community of inquiry yang berjumlah 36 siswa dan kelas X IPA 5 (kontrol) yang menerapkan pembelajaran konvensional berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-test dan untuk melihat besar pengaruh dengan menggunakan koefisien determinasi. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung sebesar 1,778 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,684 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis community of inquiry (CoI) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui besarnya pengaruh dari perlakuan digunakan rumus koefisien determinasi dan didapatkan hasil sebesar 0,04, sehingga koefisien pengaruh (Kp) yang diperoleh yaitu sebesar 4%. Kata Kunci: Blended Learning, Community of Inquiry, Hasil Belajar, Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:15
Last Modified: 03 Jan 2020 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24260

Actions (login required)

View Item View Item