Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI KENDALI OPTIMAL PADA MODEL PERSEDIAAN BARANG YANG MENGALAMI KERUSAKAN PADA PERSEDIAAN DAN PERUBAHAN TINGKAT PERMINTAAN

Dinda Agustina, 11654200462 (2020) APLIKASI KENDALI OPTIMAL PADA MODEL PERSEDIAAN BARANG YANG MENGALAMI KERUSAKAN PADA PERSEDIAAN DAN PERUBAHAN TINGKAT PERMINTAAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TA DINDA AGUSTINA.pdf

Download (14MB)
[img] Text (BAB IV)
16. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

APLIKASI KENDALI OPTIMAL PADA MODEL PERSEDIAAN BARANG YANG MENGALAMI KERUSAKAN PADA PERSEDIAAN DAN PERUBAHAN TINGKAT PERMINTAAN DINDA AGUSTINA 11654200462 Tanggal Sidang : 19 Desember 2019 Tanggal Wisuda : Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau JL. HR. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Permasalahan kenaikan dan penurunan barang pada persediaan merupakan penelitian yang pernah diteliti sebelumnya oleh Affandi (2015). Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan persamaan tingkat produksi dan analisa kestabilan tingkat persediaan barang yang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang kendali optimal dari sistem persediaan dengan kasus penurunan barang yang diakibatkan oleh kerusakan dan perubahan tingkat permintaan. Untuk mendapatkan tingkat produksi dan analisa tingkat persediaan, pada model ini digunakan teori kendali. Berdasarkan persamaan differensial dinamik dan fungsi tujuan yang diberikan dapat dibentuk Persamaan Hamilton dan Lagrange. Kemudian ditentukan produksi dan persamaan tingkat persediaan yang optimal. Fungsi kendali yang telah diperoleh, digunakan untuk menganalisa kestabilan persamaan diferensial dinamik. Berdasarkan contoh yang telah diberikan, maka diperoleh bahwa kurva tingkat persediaan menurun dan meningkat pada waktu yang telah ditentukan. Artinya, perusahaan mengalami penurunan pada persediaan yang disebabkan oleh kerusakan dan permintaan. Namun, seiring berjalannya waktu persediaan mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan perusahaan kembali melakukan produksi sehingga persediaan kembali meningkat. Selanjutnya penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan merubah tingkat kerusakan dengan eksponensial. Kata Kunci : Kendali optimal, kerusakan, model persediaan barang, perubahan tingkat permintaan, sistem persamaan differensial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:00
Last Modified: 03 Jan 2020 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24258

Actions (login required)

View Item View Item