Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENYELESAIAN PROGRAM PECAHAN LINIER MENGGUNAKAN METODE HASAN-ACHARJEE (Studi Kasus: Usaha Pengetaman Kayu Berkah Mandiri)

RESTI MOLINA, 1654200450 (2020) PENYELESAIAN PROGRAM PECAHAN LINIER MENGGUNAKAN METODE HASAN-ACHARJEE (Studi Kasus: Usaha Pengetaman Kayu Berkah Mandiri). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
TA FIX RESTI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

PENYELESAIAN PROGRAM PECAHAN LINIER MENGGUNAKAN METODE HASAN-ACHARJEE (Studi Kasus: Usaha Pengetaman Kayu Berkah Mandiri) RESTI MOLINA 11654200450 Tanggal Sidang : 23 Desember 2019 Tanggal Wisuda : 30 September 2020 Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Metode Hasan-Acharjee merupakan suatu metode baru untuk menyelesaikan program pecahan linier dengan cara mengubah program pecahan linier ke bentuk program linier. Permasalahan program pecahan linier dengan menggunakan metode Hasan-Acharjee akan diterapkan pada Usaha Pengetaman Kayu Berkah Mandiri yang bergerak di bidang produksi barang. Tujuan penelitian masalah program pecahan linier pada Usaha Pengetaman Kayu Berkah Mandiri untuk mengoptimasikan harga jual dan modal awal yang digunakan. Permasalahan tersebut akan diselesaikan dengan menggunakan metode Hasan-Acharjee dengan cara mentransformasikan fungsi tujuan dan fungsi kendala, sehingga diperoleh masalah program linier baru. Selanjutnya masalah program linier baru akan diselesaikan dengan metode simpleks. Berdasarkan hasil penelitian, Usaha Pengetaman Kayu Berkah Mandiri akan memperoleh keuntungan sebesar Rp. 661.016,9492- apabila hanya menjual 6 set lengkap produk (jendela, pintu dan bahan bangunan rumah) dengan bahan dasar kayu rengas. Perbandingan harga jual dan modal awal yang digunakan pada Usaha Pengetaman Kayu Berkah Mandiri adalah 1 : 1,51. Kata kunci : Metode Hasan-Acharjee, metode simpleks, program pecahan linier, program linier, rasio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:07
Last Modified: 06 Jan 2020 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24257

Actions (login required)

View Item View Item