PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 2 KAMPAR

Nikmatun Hayati, (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 2 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretest dan postest, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X-5 (eksperimen TPSq) dan kelas X-1 (kelas kontrol). Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ikatan kimia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif TPSq (Think Pair Square). Untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa setelah dilakukan perlakuan dilihat dari data posttest antara kelas eksperimen TPSq (Think Pair Square) dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada awal penelitian adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur, pretest dan posttest sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data akhir dianalisis dengan menggunakan “t” test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,08 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga H o ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari perbedaan rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 77,84 dan kontrol 72,63. Dilihat dari perbedaan nilai posttest kedua kelas dapat menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan nilai N-Gian ternormalisasi kelas eksperimen sebesar 0,66 yang termasuk kategori timggi dan kelas kontrol 0,56 termasuk kategori sedang. Kata Kunci : Penerapan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Feb 2016 02:45
Last Modified: 09 Feb 2016 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2423

Actions (login required)

View Item View Item