PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PASAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Misra Ayu, (2016) PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PASAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk meng keterampilan bertanya guru. 2) Untuk mengetahui pemahaman siswa dalam materi kebutuhan manusia pelajaran ekonomi. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara keterampilan bertanya guru terhadap pemahaman belajar siswa dalam materi pasar. Subjek dan penelitian ini adalah guru ekonomi dan semua siswa kelas X Madrasah Aliah Darul Huda Sipungguk kecamatan Salo Kabupaten Kampar, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh keterampilan bertanya guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi pasar kelas X mata pelajaran ekonomi. Hasil analisis yang penulis lakukan dengan teknik korelasi product moment, dengan hasil akhir menunjukkan bahwa (0.564 > 0.372) pada taraf signifikan 1% dan (0.564 > 0.372) pada taraf signifikan 5%, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara ketrampilan guru bertanya terhadap pemahaman siswa pada materi pasar kelas X mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Huda Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Hal ini dikarenakan rxy = 0.564 lebih besar daripada rt pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan demikian maka H a diterima dan Ho ditolak, yang berarti keterampilan guru bertanya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman siswa pada materi pasar kelas X mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Huda Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Melihat kepada persamaan regresi Y= 39.949 + 0.575X, menunjukkan bahwa setiap pada penambahan nilai keterampilan guru bertanya sebanyak 1 maka akan menaikkan nilai dari pemahaman siswa sebesar 0.575. Pengaruh keterampilan guru bertanya terhadap pemahaman siswa pada materi pasar kelas X mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Huda Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar adalah sebesar 31.8% sedangkan selebihnya yaitu 68.2% dipengaruhi oleh faktor lain seperti seperti dukungan orangtua, media yang digunakan guru, lingkungan belajar, motivasi siswa, dan lain-lain. Kata Kunci: keterampilan bertanya, pemahaman Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Feb 2016 02:18
Last Modified: 09 Feb 2016 02:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2419

Actions (login required)

View Item View Item