KONSEP FAQIR DALAM TAFSIR RUH AL-MA’ĀNI KARYA AL-ALUSI

FAUZAN AZIMA SYAFIUDDIN, - (2019) KONSEP FAQIR DALAM TAFSIR RUH AL-MA’ĀNI KARYA AL-ALUSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Konsep Faqir Dalam Tafsir Ruh Al-Ma’āni Karya Al-Alusi” Dalam kehidupan bermasyarakat, kita mengetahui ada yang disebut stratifikasi sosial, yaitu ”tingkatan serta perbedaan hirarki antara kelompok manusia dalam sebuah masyarakat ataupun budaya”. Perbedaan stratifikasi sosial ini pada intinya tidak harus membuat kelas-kelas pada tingkat masyarakatnya seperti yang dilakukan pada agama lain. Dan tidak membuat adanya jurang pemisah antara satu muslim dengan muslim lainnya. Sehingga timbullah adanya orang faqir, miskin dan kaya. Faqir adalah orang yang tidak memiliki harta benda ataupun usaha, dan tidak dapat mencukupi kebutuhan dalam hidupnya. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana konsep faqir menurut al-Alusi. Penulis mengkaji penafsiran Tafsir Ruh al-Ma’ani karya Imam al-Alusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan khazanah intelektual dalam kajian konsep faqir. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), yaitu kajian (maudhu’i) dengan mengkaji buku-buku tafsir dan buku-buku yang berkaitan dengan subjek penelitian. Kesimpulan dari pnelitian ini, konsep faqir dalam tafsir tersebut adalah orang-orang yang memfokuskan dirinya untuk berjihad di jalan Allah SWT, sehingga tidak memiliki usaha dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mereka tetap menjaga harga diri, kendatipun kondisi mereka sangat memprihatinkan, dengan cara tidak meminta-minta, jika diberi tidak menolak. Oleh karena itu terdapat perbedaan pemikiran tentang konsep Faqir menurut al-Alusi dalam tafsir Ruh Al-Ma’ani dengan konsep Faqir dalam perspektif Fiqh. Pemikiran al-Alusi lebih bercorak perspektif tasawuf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 Dec 2019 03:38
Last Modified: 31 Dec 2019 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24181

Actions (login required)

View Item View Item