PENGEMBANGAN SISTEM UNTUK MENGETAHUI SLOT KOSONG PADA LAHAN PARKIR BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN SENSOR HC-SR04 TERINTEGRASI WEB DAN TELEGRAM (Studi Kasus : RSUD Arifin Achmad Pekanbaru)

Reski Riandi, 11455104851 (2019) PENGEMBANGAN SISTEM UNTUK MENGETAHUI SLOT KOSONG PADA LAHAN PARKIR BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN SENSOR HC-SR04 TERINTEGRASI WEB DAN TELEGRAM (Studi Kasus : RSUD Arifin Achmad Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Full TA Reski Riandi Selain BAB Hasil dan Pembahasan.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV - HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Reski Riandi (2019): Pengembangan Sistem untuk Mengetahui Slot Kosong pada Lahan Parkir Berbasis Internet of Things Menggunakan Sensor HC-SR04 Terintegrasi Web dan Telegram (Studi Kasus : RSUD Arifin Achmad Pekanbaru) Dari tahun ke tahun pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia selalu meningkat, dengan meningkatnya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor, maka kebutuhan lahan parkir juga akan meningkat, khususnya di tempat-tempat yang membutuhkan lahan parkir luas seperti pusat perbelanjaan dan lain sebagainya, persoalan yang ditimbulkan adalah masalah dalam pencarian atau pelacakan slot kosong dimana mobil akan berputar-putar untuk mencari slot yang masih kosong khususnya parkir mobil dalam gedung (basement). Pada penelitian ini menggunakan metode research and development dalam merancang sistem untuk mengetahui slot kosong dan dipetakan melalui web menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 terintegrasi telegram, sehingga pengguna maupun petugas parkir mudah dalam mengetahui slot kosong. Berdasarkan pengujian alat, sensor ultrasonik HC-SR04 membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk memasukkan data ke database menggunakan modul wemos, dan rata-rata 6,40 detik untuk respon bot telegram, dengan jarak konektifitas wifi maksimum 30 meter. Berdasarka hasil survei terhadap petugas dan pengguna menggunakan kuesioner sebanyak 12 dan 50 sampel, responden sangat setuju bahwa alat yang dirancang memiliki kemudahan dalam pengoperasian alat, feedback, dan kepuasan pengguna dari alat tersebut, dilihat dari skor rata-rata simplicity 4,23%, interactivity 4,40%, dan usability 4,14% dari skala 5. Kata Kunci : Wemos, Telegram Bot, Sensor HC-SR04, Slot Kosong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:10
Last Modified: 31 Dec 2019 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24169

Actions (login required)

View Item View Item