Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS TERMOELEKTRIK GENERATOR (TEG) DENGAN MEMANFAATKAN PANAS MESIN VACUUM FRYING SEBAGAI HARVESTING ENERGI LISTRIK (Studi Kasus : Desa Kualu Nenas)

Dara Rulianti Amanda, 11555200535 (2019) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS TERMOELEKTRIK GENERATOR (TEG) DENGAN MEMANFAATKAN PANAS MESIN VACUUM FRYING SEBAGAI HARVESTING ENERGI LISTRIK (Studi Kasus : Desa Kualu Nenas). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
file lengkap kecuali BAB Hasil penelitian (BAB IV).pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
file BAB Hasil Penelitian (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dara Rulianti Amanda (2019) : Analisis Teknis Dan Ekonomis Termoelektrik Generator Dengan Memanfaatkan Panas Mesin Vacuum Frying Sebagai Harvesting Energi Listrik (Studi Kasus : Desa Kualu Nenas) Energi merupakan kebutuhan mendasar bagi kehidupan manusia yang terus mengalami peningkatan kebutuhan konsumsi energi listrik. Untuk menjaga keseimbangan pasokan energi dilakukan peralihan dari energi fosil ke energi terbarukan. Pada potensi energi terbarukan yang banyak digunakan akan menghasilkan sejumlah energi terbuang dalam bentuk energi panas, karena ketika terjadi konversi energi akan menghasilkan energi panas terbuang sekitar 35-40% dan tidak termanfaatkan. Energi panas dapat disediakan dalam skala kecil dengan menggunakan metode harvesting energi. Energi panas yang akan di harvesting pada penelitian ini berasal dari mesin vaccum frying yaitu home industry usaha baru ibu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelayakan teknis dan ekonomis pada pembangkitan listrik TEG dengan memanfaatkan potensi panas mesin vacuum frying. Mesin vacuum frying ini merupakan mesin yang mengkonsumsi energi listrik paling besar, sehingga dari penggunaan listrik yang besar terjadinya pengurangan home industry. Tetapi untuk mengatasi besarnya penggunaan konsumsi listrik dapat memanfaatkan potensi energi panas yang dihasilkan dari mesin vacuum saat beroperasi untuk dijadikan energi listrik. Dari potensi energi panas yang dihasilkan dari mesin tersebut akan di harvesting dengan cara menggunakan modul termoelektrik generator (TEG). TEG merupakan solid state yang dapat mengubah energi panas menjadi energi listrik dengan berdasarkan prinsip efek seebeck. Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa analisis teknis yang dihasilkan menggunakan comsol multiphysics 5.3a untuk mendapatkan keluaran berupa total daya yang dihasilkan dari modul TEG sebesar 3,250 watt dengan rata-rata 0,464 watt, efisiensi sebesar 0,1669 % dengan rata-rata 0,0238% , kapasitas pembangkitan daya listrik TEG yang dihasilkan sebesar 1,607 kWh sehingga untuk kapasitas pembangkitan dihasilkan dalam sebulan sebesar 48,21 kWh, dan dari kapasitas daya listrik yang dihasilkan mampu mengcover perangkat elektronik hanya pada lampu, dan kipas angin. Serta analisis ekonomi yang didapatkan berupa biaya investasi awal sebesar Rp. 2.366.253,00, biaya operating and maintenance sebesar Rp. 23.662,53 selama setahun, annual benefit sebesar Rp. 860.640,420, dan payback period selama 2 tahun 8 bulan untuk terbebas dari tagihan listrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:37
Last Modified: 30 Dec 2019 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24113

Actions (login required)

View Item View Item