Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN WAKAF PRODUKTIF (di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 7 Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar)

Putri Ayu Tirta Wangi, - (2019) PELAKSANAAN PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN WAKAF PRODUKTIF (di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 7 Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Ayu Tirta Wangi (2019) : PELAKSANAAN PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN WAKAF PRODUKTIF (Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 7 Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar) Penelitian ini bertujuan mengetahui pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7, Riau, dan strategi pengembangan wakaf produktif dalam rangka pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif pada Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7 Riau. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data secara wawancara mendalam, dalam bentuk informan kunci (key informant) bapak wakil pengasuh, manajer dan pengelola selama 3 jam dalam kurun 1 bulan. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa pengelolaan wakaf produktif pada Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 7 sesuai dengan UU No 41 Tahun 2004 dan telah didaftarkan di KUA (Kantor Urusan Agama) dan Kementerian Agama. Dan pengembangan harta wakaf berpedoman berdasarkan Konsep wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor mengacu pada tujuan hukum Islam (Maqashid Al-Syari’ah) yaitu mewujudkan kemaslahatan dan menghindarkan kemudharatan (bahaya). PMDG Putri kampus 7 mengelola aset wakafnya melalui tiga pilar utama, yaitu pilar pendidikan, usaha, dan kemasyarakatan. Dalam Pengelolaan yang dapat merealisasikan tujuan wakaf produktif sebenarnya adalah pengelolaan pihak swasta setempat yang masa jabatannya terbatas pada waktu tertentu, tunduk pada pengawasan administrasi, keuangan dan masyarakat serta mendapat dukungan dari pemerintah dalam aspek perencanaan, investasi dan pendanaan. Strategi pengembangan wakaf produktif dalam rangka menjaga eksistensi Yayasan Wakaf Pondok Modern Darusalam Gontor Putri Kampus 7, yaitu: 1) pemeliharaan dan pengembangan aset, 2) Penambahan Unit Usaha 3) pemanfaatan hasil wakaf, 4) Hasil investasi wakaf akan dialokasikan pada 3 kegiatan yaitu pembangunan, pemeliharaan prasarana dan kemasyarakatan Dalam pengelolaan dan pengembangan harta wakaf nazhir wajib mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf sesuai tujuan, fungsi dan peruntukannya berdasarkan prinsip syariah dan pengembangan harta wakaf dilakukan secara produktif untuk memajukan 5 panca jangka 1) pendidikan dan pengajaran 2) kaderisasi 3) pergedungan 4) khizanatullah 5) kesejahteraan keluarga pondok, dan dapat bekerja sama dengan pihak lain sesuai dengan prinsip syariah. Mengupayakan pengembangan sektor unit usaha dalam mengoptimalkan pengelolaan wakaf produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Dec 2019 06:06
Last Modified: 28 Dec 2019 06:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24103

Actions (login required)

View Item View Item