Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS REACT(RELATING,EXPERIENCING,APPLYING,COOPERATING AND TRANSFERRING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DUMAI

Dismayanti Ayu Putri, - (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS REACT(RELATING,EXPERIENCING,APPLYING,COOPERATING AND TRANSFERRING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV (87-112)newww 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
DISMAYANTI AYU PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Dismayanti Ayu Putri, (2019) : Pengembangan Modul Berbasis Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, and Transferring (REACT) untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Dumai. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan komponen kemampuan pembelajaran yang harus dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian dengan mengembangkan modul untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring (REACT) yang valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Dumai. Subjek penelitian adalah siswa kelas X dan objek penelitian adalah modul matematika berbasis REACT. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket validitas, angket praktikalitas, dan tes kemampuan berpikir kritis. Data yang diperoleh dari angket validitas dan angket praktikalitas dianalisis secara deskriptif. Modul hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan ahli materi 89,25% (sangat valid) ahli teknologi 90,58% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan 95,05% (sangat praktis). Data yang diperoleh uji efektifitas dari tes kemampuan berpikir kritis dianalisis secara statistik inferensial yaitu menggunakan uji-t dengan nilai thitung sebesar 3,19 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01 maka thitung>ttabel atau 3,19> 2,01, sehingga ha diterima dan ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa kelas yang menggunakan modul dengan kelas yang tidak memakai modul. Hal ini membuktikan modul dengan model REACT yang valid, praktis, dan efektif telah berhasil dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa Kata Kunci : Modul, Model Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, and Transferring (REACT), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:13
Last Modified: 30 Dec 2019 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24083

Actions (login required)

View Item View Item