HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESI PADA REMAJA

ROBBY ICHSAN, - (2019) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESI PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Text.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)

Abstract

ABSTRAK Richard (2010) menyatakan bahwa perilaku agresi adalah tindakan yang mengancam atau melukai integritas seseorang secara fisik, psikologis atau sosial, merusak obyek atau lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara ilmiah hubungan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan perilaku agresi pada remaja. Sampel penelitian adalah siswa SMP N 21 Pekanbaru sebanyak 245 dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala psikologis. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variable pada penelitian ini yaitu skala konsep diri, skala kecerdasan emosi dan skala perilaku agresi dengan setiap instrument memiliki empat alternatef jawaban, kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi ganda (multiple regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan perilaku agresi pada siswa SMP N 21 Pekanbaru dengan R = 0.377 dan signifikansi 0,000 (Sig≤0,01). Sumbangsih efektif konsep diri dan kecerdasan emosi terhadap perilaku agresi adalah sebesar 14,2% dengan melihat nilai R square = 0,142. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima yaitu terdapat hubungan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan perilaku agresi pada remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 27 Dec 2019 07:49
Last Modified: 27 Dec 2019 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24071

Actions (login required)

View Item View Item