Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penentuan fasilitas supply chain dengan metode gravity location model dan nearest neighbour di PT Japfa Comfeed, TBK Padang Pariaman

Putri Ramayani, - and -, - (2019) Penentuan fasilitas supply chain dengan metode gravity location model dan nearest neighbour di PT Japfa Comfeed, TBK Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB_IV[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LAPORAN_FIX[1].pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

PT Japfa Comfeed TBK, Padang Pariaman merupakan breeding farm yang bergerak di bidang hatching egg (penetasan anak ayam) yang memperoduksi DOC (Day Old Chick) (anak ayam), Broiler (ayam pedaging) dan Layer (ayam petelur) dengan pemasaran DOC ke 5 Provinsi yang berada di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau dan Jambi. Dalam pendistribusian DOC beberapa kendala yang dihadapi seperti kondisi medan yang dilalui, penguapan terlalu tinggi, hal ini dikarenakan kurang kondusifnya tempat peristirahatan serta jarak tempuh yang terlalu jauh dikarenakan jarak gudang dan daerah penyebaran distribusi yang terlalu jauh yang berada di luar Provinsi Sumatera Barat. Dalam penelitian ini menggunakan metode pusat gravitasi dalam penentuan lokasi fasilitas istirahat yang optimal di beberapa provinsi dan metode nearest neighbour dalam penentuan jalur terpendek dalam pendistribusian DOC sehingga hasil yang didapatkan adalah lokasi fasilitas istirahat yang dekat dengan beberapa wilayah pendistribusian DOC. Hasil yang didapatkan melalui kedua metode ini adalah untuk metode gravity location model terdapat daerah yang menjadi lokasi fasilitas istirahat yang optimal diantaranya Sumatera Utara terletak didaerah Perdagangan, Riau terletak di daerah Langgini, Bangkinang, Jambi terletak didaerah jambi dan Sumatera Selatan terletak di Muara Enim, Palembang. selanjutnya dalam penentuan rute terpendek menggunakan meode nearest neighbour maka didapatkan penurunan jarak tempuh serta biaya trasnportasi diantanya Provinsi Sumatera Utara 18%, Provinsi Riau 19%, Provinsi Jambi 12%, Provinsi Sumatera Selatan 16% dan Provinsi Sumatera Barat sebanyak 24%. Kata kunci: Lokasi Fasilitas Istirahat, Pusat Distribusi, Gravity Location Model, Rute Terpendek, Nearest Neighbour.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:40
Last Modified: 28 Dec 2019 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24063

Actions (login required)

View Item View Item