Jia Dofela, - (2019) DESAIN KENDALI OPTIMAL METODE LINEAR QUADRATIC GAUSSIAN (LQG) UNTUK PENGENDALIAN SISTEM SUSPENSI KENDARAAN SEPEREMPAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
file lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian Jia dofela.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
file hasil penelitian jia dofela.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
Abstract
Sistem suspensi kendaraan seperempat merupakan salah satu bagian chasis yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang. Implementasinya sistem suspensi kendaraan seperempat terdapat kendala yaitu masih terdapat goncangan atau getaran yang besar. Terkait dari hasil penelitian pendahuluan didapatkan, simulasi respon sistem yang dihasilkan pada sistem suspensi kendaraan seperempat masih terdapat overshoot dan osilasi. Penelitian ini mengusulkan metode Linear Quadratic Gaussian (LQG) untuk mengurangi overshoot dan osilasi. Pengendali LQG ini dilakukan penalaan dengan mengatur harga pembobot dengan nilai Q = 250, R = 1.85, Qf = 6000, dan Rf = 0.001. Metode yang digunakan heuristik diujikan secara simulasi dengan setpoint 1 m. Berdasarkan indeks performansi minimum menggunakan Integral of Absolute Error (IAE), didapatkan hasil nilai IAE yang terkeceil sebesar 0.2407. Dari hasil uji kendali optimal LQG mampu mencapai waktu yang stabil dibuktikan dengan rise time yang cepat yaitu 0.44 detik, delay time 0.193 detik, settling time 0.704 detik, overshoot 0% dan error steady state 0.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 07:07 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 07:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24053 |
Actions (login required)
View Item |