Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Antara Cognitive Emotion Regulation Strategies (CERS) dengan Subjective Well-Being (SWB) Pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA)

Nur Halimah, - (2019) Hubungan Antara Cognitive Emotion Regulation Strategies (CERS) dengan Subjective Well-Being (SWB) Pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
GABUNGA KECULAI BAB IV.pdf

Download (22MB)

Abstract

Hubungan Antara Cognitive Emotion Regulation Strategies (CERS) dengan Subjective Well-Being (SWB) Pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) Nur Halimah (hhhalimah999@gmail.com) Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Cognitive emotion regulation strategies (CERS) adalah strategi regulasi emosi melalui kognisi yang digunakan oleh ODHA untuk membantu mengelola berbagai reaksi emosi setelah dinyatakan terdiagnosa positif HIV/AIDS. Penggunaan strategi tertentu dalam meregulasi emosi secara kognitif (cognitive emotion regulation strategies) akan berpengaruh terhadap kulitas (tinggi/rendah) subjective well-being pada ODHA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara cognitive emotion regulation strategies dengan subjective well-being pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 70 ODHA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 buah skala, yakni 2 skala mengukur subjective well-being yang terdiri dari skala PANAS (positive affect and negative affect scale) dan skala SwLS (satisfication with life scale), dan untuk variabel cognitive emotion regulation strategies diukur dengan menggunakan CERQ (cognitive emotion regulation strategies questionare). Berdasarkan analisis regresi menunjukan bahwa ada hubungan antara cognitive emotion regulation strategies dengan subjective well-being pada ODHA (F= 2,607 P = 0,013). Sumbangsih cognitive emotion regulation strategies terhadap subjective well-being sebesar 17,3%. Hasil analisis juga menunjukan bahwa secara parsial dua dari sembilan strategi cognitive emotion regulation strategies terdapat dua strategi yang berhubungan dengan subjective well-being yaitu strategi catastrophizing dan positive refocusing (t = -2,325, P = 0,023; t = 2,210, P = 0,031). Kata Kunci : cognitive emotion regulation strategies, subjective well-being, Orang dengan HIV/AIDS (ODHA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158 Psikologi Terapan
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:47
Last Modified: 30 Dec 2019 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24024

Actions (login required)

View Item View Item