Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Evaluasi Postur Kerja Pada Proses Pembuatan Pintu Menggunakan Metode Manual Task Risk Assessment (ManTRA) (Studi Kasus: CV. Kunteng Garuda Sakti KM 2)

Rini Wahyuni, Rini (2019) Evaluasi Postur Kerja Pada Proses Pembuatan Pintu Menggunakan Metode Manual Task Risk Assessment (ManTRA) (Studi Kasus: CV. Kunteng Garuda Sakti KM 2). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
File lengkap s kecuali hasil penelitian BAB IV RINI WAHYUNI.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
File hasil penelitian BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi Postur Kerja Pada Proses Pembuatan Pintu Menggunakan Metode Manual Task Risk Assessment (ManTRA) (Studi Kasus: CV. Kunteng Garuda Sakti KM 2) Pembuatan pintu di lantai produksi CV.Kunteng sebagian besar masih dilakukan secara manual dan teridentifikasi awkward postur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan usulan perbaikan postur kerja untuk mengurangi resiko gangguan Musculoskeletal Disorders (MSDs). Penelitian ini menggunakan metode Manual Task Risk Assessment (ManTRA) yaitu menilai faktor-faktor resiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) yang terjadi pada saat melakukan aktivitas pekerjaan. Dari hasil penyebaran kuisioner Nordic Body Map (NBM) persentase keluhan dari 4 orang pekerja yang merasakan sakit pada leher sebesar 25%, bahu 25%, bagian punggung 100%, lengan bawah 50% dan pergelangan tangan 75%. Hasil penilaian Manual Task Risk Assessment (ManTRA) 4 dari 8 aktivitas kerja mendapatkan level tinggi yaitu: pengetaman, press, pengeboran dan perakitan dengan tabel skor diatas 15, untuk cidera bagian tubuh yaitu: punggung, lengan bawah dan pergelangan tangan. Usulan perbaikan yang dibuat berupa alat desain conveyor manual pada aktivitas pengetaman, meja pada aktivitas press, dan meja rakit untuk aktivitas perakitan sesuai dengan ukuran antropometri. Hasil usulan diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja dan dapat mengurangi resiko Musculoskeletal Disorders (MSDs).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Dec 2019 08:35
Last Modified: 26 Dec 2019 08:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24020

Actions (login required)

View Item View Item