UJI BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK BIJI PINANG (Areca catechu L.) DALAM MENGENDALIKAN HAMA LARVA KUMBANG TANDUK (Oryctes rhinoceros) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT

INTAN LORENZA, - (2019) UJI BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK BIJI PINANG (Areca catechu L.) DALAM MENGENDALIKAN HAMA LARVA KUMBANG TANDUK (Oryctes rhinoceros) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
cover-lampiran kecuali bab v.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UJI BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK BIJI PINANG (Areca catechu L.) DALAM MENGENDALIKAN HAMA LARVA KUMBANG TANDUK (Oryctes rhinoceros) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT Intan Lorenza (11582202035) Di bawah bimbingan Yusmar Mahmud dan Siti Zulaiha INTISARI Kumbang tanduk merupakan salah satu hama penting pada tanaman kelapa sawit. Adapun kerugian akibat serangan kumbang tanduk pada tanaman kelapa sawit yaitu dapat mematikan pucuk tanaman kelapa sawit dan rusaknya pelepah daun yang akan mengurangi kegiatan fotosintesis sehigga dapat menurunkan produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi biji pinang yang efektif untuk mengendalikan hama larva kumbang tanduk. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Bulan Februari 2019 sampai Maret 2019 di laboratorium PEMTA (Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah). Penelitian dilakukan melalui percobaan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) non faktorial yang menjadi perlakuan adalah 5 taraf konsentrasi insektisida nabati dengan 4 kali ulangan untuk setiap taraf. Penelitian menggunakan analisis SAS 9.1. Hasil penelitian menunjukkan pemberian konsentrasi ekstrak biji pinang 6,0% memberikan kematian lebih cepat dalam mengendalikan hama larva kumbang tanduk yaitu dengan awal kematian 50,52 jam, puncak mortalitas harian 10% dan mortalitas total sebesar 30%. Kata kunci: Larva Kumbang Tanduk, Biji Pinang, Insektisida Nabati, Kelapa Sawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Dec 2019 07:53
Last Modified: 26 Dec 2019 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23985

Actions (login required)

View Item View Item