Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) PADA MATERI HIDROKARBON

SRI YULIANA, 11517202371 (2019) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) PADA MATERI HIDROKARBON. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (TUGAS AKHIR)
GABUNGAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Yuliana, (2019) : Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada Materi Hidrokarbon. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan proses sains dengan menggunakan model Predict Observe Explain (POE) pada materi hidrokarbon di MA Diniyah Puteri Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian One Shot Case Study. Sampel penelitian ini terdiri dari 25 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu populasi yang dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Aspek yang diteliti peneliti meliputi 7 aspek yaitu mengamati, berhipotesis, mengelompokkan, mengajukan pertanyaan, menafsirkan, menerapkan konsep, dan berkomunikasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas keterampilan proses sains siswa menggunakan model POE dalam kategori baik. Berdasarkan hasil pencapaian keterampilan proses sains siswa saat pembelajaran berlangsung dan dari hasil tes diperoleh data bahwa aspek yang paling dominan adalah aspek mengamati dengan persentase rata-rata lembar observasi sebesar 72,83% dan 78% pada hasil tes sedangkan pencapaian terendah adalah aspek menafsirkan dengan persentase rata-rata lembar observasi sebesar 63,11% dan 61% pada hasil tes. Kata Kunci : Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE), Keterampian Proses Sains Siswa, Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Dec 2019 06:53
Last Modified: 26 Dec 2019 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23964

Actions (login required)

View Item View Item