SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TERINTEGRASI (STUDI KASUS: RSUD ARIFIN ACHMAD DENGAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DAN BPJS KESEHATAN)

Alief Alhadi, 11551102688 (2019) SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TERINTEGRASI (STUDI KASUS: RSUD ARIFIN ACHMAD DENGAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DAN BPJS KESEHATAN). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TA-ALIEF ALHADI_11511102688.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB V)
TA-ALIEF ALHADI_11511102688-BAB5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pelayanan yang ada di RSUD Arifin Achmad adalah menerbitkan surat keterangan kelahiran dan kematian setiap ada kelahiran atau kematian. Surat keterangan kelahiran dan kematian yang dikeluarkan RSUD Arifin Achmad berguna untuk mengurus akta kelahiran untuk anak yang baru lahir dan akta kematian untuk orang meninggal dunia di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), serta untuk anak yang baru lahir dapat diurus kepesertaan BPJS Kesehatan ke dalam kepesertaan orangtua setelah mendapatkan akta kelahiran dan masuk ke dalam kartu keluarga orangtua. Permasalahan yang dihadapi adalah proses pembuatan akta kelahiran atau kematian dan kepesertaan BPJS memiliki tahapan yang panjang dan membutuhkan waktu yang lama masyarakat harus mendaftar secara ke masing-masing instansi terkait karena sistem yang ada saat ini tidak saling terhubung. Maka dari hasil penelitian yang telah dilakukan, solusi nya adalah dengan membangun sistem pelayanan administrasi kependudukan terintegrasi RSUD Arifin Achmad dengan Disdukcapil dan BPJS Kesehatan menggunakan REST web service yang mampu mengintegrasikan proses pembuatan akta kelahiran atau kematian dan kepesertaan BPJS Kesehatan. Berdasarkan hasil pengujian black box dan user acceptence test (UAT) yang dilakukan sistem yang dibangun telah berhasil berjalan sesuai tujuan penelitian dan proses pembuatan akta kelahiran, akta kematian dan kepesertaan BPJS Kesehatan dapat dilakukan di sistem pelayanan administrasi kependudukan terintegrasi RSUD Arifin Achmad

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:25
Last Modified: 26 Dec 2019 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23931

Actions (login required)

View Item View Item