PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Ariansyah, (2012) PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012522.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan Motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam kooperatif tipe Think Pair Share dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan turunan siswa kelas XI IPS SMAN 1 Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “adakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap Motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam kooperatif tipe Think Pair Share dengan pembelajaran konvensional pada pokok turunan siswa kelas XI IPS SMAN 1 Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi? Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperiment dan XI IPS3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 64 orang dan objek penelitian ini adalah Motivasi Belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan angket, observasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu enam kali pertemuan dengan menggunakan model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam kooperatif tipe Think Pair Share. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menghitung sendiri datanya secara manual. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan test t. Analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung = 19,737 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,00 dan 2,65. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti hipotesis yang menyatakan Tidak adanya perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan siswa yang diajarkan secara konvensional pada pokok Bahasan Turunan SMAN 1 Cerenti Ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Adanya perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan siswa yang diajarkan secara konvensional pada Pokok Bahasan Turunan SMAN 1 Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 09:47
Last Modified: 03 Feb 2016 09:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2391

Actions (login required)

View Item View Item