Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENGALIHAN TANGGUNG JAWAB KEHILANGAN KENDARAAN PADA KARCIS PARKIR BERDASARKAN PASAL 18 UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi kasus pengelolaan parkir di MTC Giant Panam)

Pandu Ariandry Putra, - (2019) TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENGALIHAN TANGGUNG JAWAB KEHILANGAN KENDARAAN PADA KARCIS PARKIR BERDASARKAN PASAL 18 UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi kasus pengelolaan parkir di MTC Giant Panam). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pandu Ariandry Putra,(2019): Tinjauan Hukum Terhadap Pengalihan Tanggung Jawab Kehilangan Kendaraan Pada Karcis Parkir Berdasarkan Pasal 18 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi kasus pengelolaan parkir di MTC Giant Panam) Masalah dalam penelitian ini adalah pengalihan tanggung jawabpada karcis parkirdi MTC Giant ,sedangkan hukum tidak membenarkan mengalihkan tanggung jawab. Lokasi penelitian ini dilakukan di MTC Giant Panam.Tujuan penulis meneliti masalah diatas adalahuntuk mengetahuipengalihan tanggung jawab kehilangan kendaraan di dalam karcis MTC Giant Panam ditinjau menurut Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, dan untuk mengetahui tanggapan dari pimpinan pengelola parkirsebagai instasi penanggung jawab dalam pengelolaan parkir di MTC Giant tentang pengalihan tanggung jawab didalam karcis parkir di MTC Giant Panam.Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitianhukum observasi atau sosiologis, Sedangkan sifat penelitian adalah bersifat deskriftif. Dengan melakukan observasi ditempat penelitian dilanjutkan dengan wawancara, dengan menggunakan teknik metode induktif yakni, penyimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus kepada hal-hal yang bersifat umum dengan menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif yaitu analisis dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengalihan tanggung jawab kehilangan kendaraan di dalam karcis MTC Giant Panam merupakan bertentangan dengan pasal 18 UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, pengalihan tanggung jawab tersebut dapat dikenai sanksi sesuai ketentuan pasal 62 ayat (1) yaitu, bagi pihak yang melanggar ketentuan ini akan mendapatkan sanksi pidana penjara paling lama lima (5) tahun dan denda paling banyak Rp 2.000.000,00 (dua miliar rupiah). Sedangkan tanggapan dari pimpinan pengelola parkir mengenai tanggung jawab di dalam karcis parkir MTC Giant Panam bahwa pengalihan tanggung jawab merupakan perbuatan melawan hukum, dan tidak dibenarkan untuk dilakukan oleh pengusaha pengelola parkir, karena tidak mempunyai dasar hukum yang sah, pihaknya belum tau sama sekali penggunaan pada karcis parkir yang mengalihkan tanggung jawab terhadap konsumen atas kehilangan dan kerusakan pada kendaraan, dan selama ini belum ada pengaduan dari masyarakat menyangkut masalah tersebut. Dapat disimpulkan bahwa pengelola usaha jasa parkir MTC Giant Panamtelah melanggar peraturan perundang-undangan dan tidak mempunyai dasar hukum yang sah berdasarkan analisis teori hukum perlindungan konsumen, dan hak dan kewajiban konsumen serta pelaku usaha dalam perjanjian atau kontrak..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Dec 2019 02:12
Last Modified: 26 Dec 2019 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23902

Actions (login required)

View Item View Item