Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Antara PT. Karya Abadi Sama Sejati Dengan Pekerja Terkait Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Di Tinjau Dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Razika Azmila,, 11527203941 (2019) Pelaksanaan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Antara PT. Karya Abadi Sama Sejati Dengan Pekerja Terkait Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Di Tinjau Dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)

Abstract

ABSTRAK Razika Azmila, (2019) Pelaksanaan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Antara PT. Karya Abadi Sama Sejati Dengan Pekerja Terkait Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Di Tinjau Dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Pelaksanan perjanjian kerja bersama antara perusahaan dengan pekerja pada dasarnya merupakan sarana yang penting dalam melindungi hak-hak pekerja, di PT. Karya Abadi Sama Sejati dalam pelaksanaan perjanjian kerja bersama tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, hal ini dikarenakan proses dalam pemutusan hungan kerja yang tidak sesuai dengan alasa-alasan pemutusan hubungan kerja yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan hak-hak pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja juga tidak sesuai dengan yang sudah di atur dalam Undang-Undang Ketetenagakerjaan. Untuk menghindari ketidak harmonisan dalam hubungan kerja, maka dari itu seluruh perusahaan di anjurkan untuk membuat perjanjian kerja bersama yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan sebagai bentuk perlindungan terhadap hak-hak pekerja. Berdasarkan pemaparan diatas penulis merumuskan 2 rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan perjanjian kerja bersama (PKB) antara PT. karya abadi sama sejati dengan pekerja terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) di tinjau dari Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan apa faktor penghambat hak-hak pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh pihak PT. Karya abadi sama sejati. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis, yaitu menggunakan pendekatan dengan melihat sesuatu kenyataan hukum dimasyarakat, Sifat penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara tepat sifat suatu individu, keadaan gejala kelompok tertentu untuk menemukan penyebaran suatu gejala dengan gejala lainnya dalam masyarakat. Dari hasil hasil wawancara diperoleh hasil penelitian bahwa pelaksanaan perjanjian kerja bersama di PT. Karya Abadi Sama Sejati belum berjalan dengan baik, Hal ini dapat dilihat dari proses pemutusan hubungan kerja secara sepihak yang di lakukan oleh PT. Karya Abadi Sama Sejati, terjadi kepada pekerja yang dianggap tidak mempunyai andil yang mumpuni untuk perusahan, padahal karyawan tersebut bekerja semaksimal mungkin akan tetapi faktor internal yang mempengaruhi hasil pekerjaan tidak menjadi alasan bagi perusahaan karena perusahaan hanya tahu tentang beban target kerja yang dibebankan kepada tenaga kerja dan adanya faktor-faktor penghambat dalam pemutusan hubungan kerja diantaranya Penerimaan uang pesangon yang tidak sesuai dengan perjanjian keja bersama dan hal tersebut juga tidak sesuai dengan undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:27
Last Modified: 26 Dec 2019 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23895

Actions (login required)

View Item View Item