PENGARUH PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI TELUK KUANTAN KEC. KUANTAN TENGAH KAB. KUANTAN SINGINGI

ROKI HIDAYAT, (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI TELUK KUANTAN KEC. KUANTAN TENGAH KAB. KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012481.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pengajaran Langsung menggunakan pendekatan Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas XI IPA1 Madrasah Aliyah Negeri Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung menggunkan pendekatan Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas XI IPA1 Madrasah Aliyah Negeri Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 Madrasah Aliyah Negeri Teluk Kuantan dan objek penelitian ini adalah model Pengajaran Langsung menggunakan pendekatan Tutor Sebaya. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar dari penerapan Model Pengajaran Langsung menggunkan pendekatan Tutor Sebaya. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan Model Pengajaran Langsung menggunakan pendekatan Tutor Sebaya dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan Model pengajaran Langsung Menggunakan Pendekatan Tutor Sebaya lebih baik dari pada pembelajaran Konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar dengan Model Pengajaran Langsung menggunakan pendekatan Tutor Sebaya sebesar 86,45 lebih baik dari hasil belajar konvensional sebesar 76,45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pengajaran Langsung menggunakan pendekatan Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri Teluk Kuantan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 08:36
Last Modified: 08 Sep 2016 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item