Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.) DENGAN PEMBERIAN DOSIS TRICHOKOMPOS JERAMI PADI YANG BERBEDA

Andita septiana, 11482204619 (2019) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.) DENGAN PEMBERIAN DOSIS TRICHOKOMPOS JERAMI PADI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
cover-lampiran kecuali bab iv.pdf

Download (24MB)
[img] Text (bab iv)
11 PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.) DENGAN PEMBERIAN DOSIS TRICHOKOMPOS JERAMI PADI YANG BERBEDA Andita Septiana (11482204619) Di bawah bimbingan Rita Elfianis dan Penti Suryani INTISARI Jagung manis merupakan salah satu komoditas sayur yang sangat populer di Indonesia dan banyak manfaatnya. Aplikasi trichokompos jerami padi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah penggunaan pupuk anorganik pada budidaya jagung manis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis trichokompos jerami padi terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Penelitian ini telah dilaksanakan di Lahan percobaan dan Laboratorium Agronomi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada Bulan Desember 2018 sampai Februari 2019. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dengan enam perlakuan yaitu dosis trichokompos jerami padi (0 ton/ha, 5 ton/ha, 10 ton/ha, 15 ton/ha, 20 ton/ha dan 25 ton/ha) dan terdiri dari tiga kelompok. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, panjang tongkol, diameter tongkol, bobot per tongkol berkelobot, bobot per tongkol tanpa kelobot, produksi jagung manis per bedeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian trichokompos jerami padi belum mampu meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, panjang tongkol, bobot per tongkol berkebolot, bobot per tongkol tanpa kelobot dan produksi jagung manis per bedeng. Pemberian trichokompos jerami padi 15 ton/ha dapat meningkatkan diameter tongkol jagung manis. Pemberian trichokompos jerami padi dengan dosis yang berbeda belum diperoleh dosis yang efektif untuk meningkatkan petumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Kata Kunci: Jagung manis, trichokompos jerami padi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Dec 2019 02:40
Last Modified: 26 Dec 2019 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23889

Actions (login required)

View Item View Item