Hubungan antara Aktivitas Belajar dan Kecerdasan Spiritual Siswa dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadist Siswa di Madrasah Tsanawiyah Sekecamatan Rengat

Zulpanda, (2017) Hubungan antara Aktivitas Belajar dan Kecerdasan Spiritual Siswa dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadist Siswa di Madrasah Tsanawiyah Sekecamatan Rengat. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201757PAI-S2 COVER PANDA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
2. 201757PAI-S2 PENGESAHAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
3. 201757PAI-S2 KATA PENGANTAR.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. 201757PAI-S2 DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
5. 201757PAI-S2ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
6. 201757PAI-S2 BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
7. 201757PAI-S2 BAB II.pdf

Download (501kB)
[img] Text
8. 201757PAI-S2 BAB III ZUL.pdf

Download (336kB)
[img] Text
9. 201757PAI-S2 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
10. 201757PAI-S2 BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
11. 201757PAI-S2 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan bahwa aktivitas belajar dan kecerdasan spritual siswa sudah terlihat baik, akan tetapi hasil belajar sebagian siswa masih terlihat belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara aktivitas belajar dan kecerdasan spiritual siswa dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa di Madrasah Tsanawiyah Sekecamatan Rengat. Jenis penelitian ini adalah fiel research yaitu peneliti langsung terjun kelapangan untuk mencari data dengan pendekatan kuantitatif. Penulis menggunakan angket dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Jumlah sampel peneliti sebanyak 144 siswa dari tiga Madrasah Tsanawiyah Sekecamatan Rengat. Hipotesis pertama dan kedua diuji dengan teknik korelasi koefisien kontigensi dan regresi berganda. Sementara untuk analisa data penulis menggunakan program Statistic Package for Social Science (SPSS ) for Windows Release 20. Hasil penelitian: (1 )terdapat hubungan signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa di Madrasah Tsanawiyah Sekecamatan Rengat, hal ini dibuktikan dari perhitungan regresi linear Y = 345, 285 + 0,591 X diperoleh B 0,591 bertanda positif dan karena hasil coefficients ( sig. 0,000 < 0,05), (2)terdapat hubungan kecerdasan spiritual siswa dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa di Madrasah Tsanawiyah Sekecamatan Rengat, hal ini dibuktikan dari perhitungan regresi linear Y = 63,80 + 0,279 X diperoleh B 0,279 bertanda positif dan karena hasil coefficients ( sig. 0,049 < 0,05), (3) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dan kecerdasan spiritual siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa di Madrasah Tsanawiyah Sekecamatan Rengat, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh B aktivitas belajar 0,605 dan B kecerdasan spritual 0,321 bertanda positif, ini berarti setiap kali variabel aktivitas belajar dan kecerdasan spiritual siswa bertambah maka rata-rata variabel hasil belajar siswa akan bertambah pula. Dan karena hasil coefficients ( sig. 0,000 + 0,008 < 0,05) ini berarti hubungan antara aktivitas belajar dan kecerdasan spiritual siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadist siswa di Madrasah Tsanawiyah Sekecamatan Rengat signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 23 Dec 2019 05:49
Last Modified: 23 Dec 2019 05:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item View Item