MERI ENDRA LESTARI (2012) PENGARUH METODE RESITASI DALAM MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.
|
Text
2012_2012479 .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode resitasi dalam model Problem Based Instruction (PBI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu dan mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan metode resitasi dalam model Problem Based Instruction (PBI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode resitasi dalam model Problem Based Instruction (PBI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu?”, dan “berapa besar pengaruh penggunaan metode resitasi dalam model Problem Based Instruction (PBI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu?”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dimana variabel penelitian tidak memungkinkan untuk dikontrol secara penuh. Dalam penelitian ini, peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas dan siswa kelas SMA Negeri 1 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu yang berjumlah 66 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan metode resitasi dalam model Problem Based Instruction (PBI) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut digunakan rumus tes-t. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan metode resitasi dalam model Problem Based Instruction (PBI) terhadap pemahaman konsep matematika yaitu menggunakan rumus Kp (Koefisien Penentu). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode resitasi dalam model Problem Based Instruction (PBI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan antara pemahaman konsep matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan adanya besar pengaruh metode resitasi dalam model Problem Based Instruction (PBI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 08:22 |
Last Modified: | 03 Feb 2016 08:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2386 |
Actions (login required)
View Item |