RIKA HARTYA SARI (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX MTs YASMI DURI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.
|
Text
2012_2012465.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan kepala bernomor struktur (KBS) terhadap motivasi belajar matematika, mengetahui besar pengaruh penggunaan KBS terhadap motivasi belajar matematika, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar matematika tersebut. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah penggunaan KBS berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Yasmi Duri Kabupaten Bengkalis? Berapakah besar pengaruh penggunaan KBS terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IX MTS Yasmi Duri Kabupaten Bengkalis? Dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar dalam proses pembelajaran matematika?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan sebagai observer. Subjek dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Yasmi Duri yang berjumlah 94 orang, sebagai sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 24 orang dan objek penelitian ini adalah motivasi belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan angket. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali yaitu satu pertemuan dilaksanakan untuk observasi awal dan empat kali pertemuan lagi dengan menggunakan kepala bernomor struktur. Untuk uji hipotesis menggunakan analisis inferensial yaitu rumus chi kuadrat dan analisis deskripsi hasil angket untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diambil kesimpulan bahwa Pembelajaran Berorientasi Aktifitas Siswa menggunakan Kepala Bernomor Struktur berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa yaitu sebesar 32,22% dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar metematika itu terbagi atas dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 08:00 |
Last Modified: | 03 Feb 2016 08:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2384 |
Actions (login required)
View Item |