Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN METODE FUZZY AHP DAN FUZZY ANP DALAM MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING (Studi Kasus : Rekomendasi Pemilihan Smartphone dan Laptop)

Hidayati Rusnedy, - (2019) PERBANDINGAN METODE FUZZY AHP DAN FUZZY ANP DALAM MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING (Studi Kasus : Rekomendasi Pemilihan Smartphone dan Laptop). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Hidayati Rusnedy-11551205022 - WM.pdf

Download (9MB)

Abstract

MADM merupakan suatu pencarian alternative terbaik berdasarkan kumpulan ataupun banyaknya atribut. Pada MADM ini memiliki beberapa Teknik penyelesaian, diantaranya adalah Fuzzy Analytical Hierarchi Process (F-AHP) dan juga Fuzzy Analytical Network Process (F-ANP). Fuzzy AHP maupun Fuzzy ANP memiliki persamaan dan perbedaan dalam setiap pengerjaan untuk menyelesaikan permasalahan. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan menganalisis perbandingan kedua metode berdasarkan bobot kriteria, bobot akhir rekomendasi, hasil rekomendasi dan waktu eksekusi dari kedua metode. Sebagai pembuktian kinerja kedua metode tersebut, dua buah studi kasus berupa pemilihan Smartphone dan laptop dilakukan dan juga sebuah perangkat lunak berupa sistem perbandingan metode fuzzy AHP dan Fuzzy ANP di buat guna untuk mengetahui bagaimana perbedaan setiap proses dari kedua metode tersebut. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada masing-masing studi kasus pada metode tersebut, didapatkan hasil bahwa bobot Fuzzy ANP lebih besar dibandingkan Fuzzy AHP, waktu eksekusi Fuzzy AHP lebih cepat dibandingkan Fuzzy ANP, hal ini dikarenakan pada Fuzzy ANP dapat menggambarkan keterkaitan antar kriteria. Hasil akurasi yang dilakukan pada penelitian ini didapatkan akurasi pada Studi kasus Smartphone dengan Metode F-AHP sebesar 68% dan pada Metode F-ANP sebesar 84%, dan pada studi kasus Laptop didapatkan akurasi pada metode F-AHP sebesar 64% dan pada metode F-ANP sebesar 88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:39
Last Modified: 23 Dec 2019 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23830

Actions (login required)

View Item View Item