FEBRIANTO (2012) PENERAPAN PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANAH PUTIH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.
|
Text
2012_2012462.pdf Download (651kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Pengajaran Terbalik dalam meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Tanah Putih pada materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana Penerapan Pendekatan Pengajaran Terbalik dalam meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Tanah Putih pada materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Tanah Putih yang berjumlah 30 siswa dan guru bidang studi matematika, sedangkan objeknya adalah aktivitas belajar matematika siswa dan penerapan pendekatan Pengajaran Terbalik. Pengambilan data dilakukan pada saat dilakukan tindakan dengan menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, ketuntasan aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I, II, dan III adalah (64%), (82%), dan (90%). Hasil peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus III, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel melalui penerapan pendekatan Pengajaran Terbalik pada siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Tanah Putih.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 07:56 |
Last Modified: | 03 Feb 2016 07:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2383 |
Actions (login required)
View Item |