Kontribusi Kegiatan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarkat Di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Siti Aisyah, - (2019) Kontribusi Kegiatan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarkat Di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Siti Aisyah Jurusan : Pengembangan Masyarakat Islam Judul : Kontribusi Kegiatan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarkat Di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini di latar belakangi oleh kegiatan yang berlangsung di pasar tradisional. Transaksi yang terjadi di Pasar Tradisional dari pedagang ke pembeli dan sistem tawar menawar yang saling menguntungkan. Pasar Tradisional yang membantu meringankan masyarakat baik secara ekonomi, sosial, dan lain sebagainya. Pasar Tradisional yang menyediakan produk local, barang dan jasa sehingga masyarakat terbantu dan terciptanya peluang membuka usaha bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana kontribusi kegiatan pasar tradisional dalam memberdayakan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari informan kunci terdiri dari 1 Pengelola Pasar dan Informan pendukung terdiri dari 1 Orang Kepala Desa, 3 Orang Pedagang Pasar, dan 5 orang Masyarakat. Hasil penelitian diperoleh bahwa Kontribusi Kegiatan Pasar Tradisional merupakan sebagai wadah bagi masyarakat. Pasar tradisional yang memberikan bantuan berupa sarana bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup dan perekonomiannya. Dengan adanya bantuan sarana ini masyarakat dapat menggunakan dengan sebaik mungkin sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan hidup dan ekonomi masyarakat. Kata Kunci : Kontribusi Pasar Tradisional, Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:30
Last Modified: 23 Dec 2019 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23820

Actions (login required)

View Item View Item