Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

engaruh Penerapan Pendekatan ix Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru

Indah Puspita Sari Tanjung, - (2019) engaruh Penerapan Pendekatan ix Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
UPLOAD PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text
BAB IV UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Indah Puspita Sari Tanjung, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan ix Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensioanal berdasarkan self efficacy siswa SMPN 32 Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah the nonequivalent posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMPN 32 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling adalah kelas VIII-1 dan VIII-3. Data dikumpulkan melalui tes, angket, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal posttest kemampuan koneksi matematis, angket self efficacy, dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional, 2) Tidak terdapat pengaruh interaksi penerapan pendekatan pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatam untuk pembelajaran matematika, khususnya untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis. Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Koneksi Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Dec 2019 02:25
Last Modified: 23 Dec 2019 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23819

Actions (login required)

View Item View Item