PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENEMUKAN POLA HUBUNGAN ANTARA ATRIBUT TERHADAP KELULUSAN MAHASISWA (STUDI KASUS : STIKES PERINTIS PADANG)

Athifah Khairunisa, - (2019) PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENEMUKAN POLA HUBUNGAN ANTARA ATRIBUT TERHADAP KELULUSAN MAHASISWA (STUDI KASUS : STIKES PERINTIS PADANG). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (Selain BAB V)
Selain Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi promosi pendidikan berdasarkan kelulusan mahasiswa yang telah berhasil menempuh perkuliahan pada perguruan tinggi sangat diperlukan. Salah satu cara mendapatkan strategi promosi dengan menggunakan teknik data mining dengan mengimplementasikan algoritma FP-Growth. Atribut yang digunakan pada penelitian ini yaitu kota asal sekolah, asal sekolah, IPK dan lama studi mahasiswa. Data yang digunakan merupakan data kelulusan mahasiswa jurusan S1-Gizi dan S1-Ilmu Keperawatan STIKES Perintis Padang tahun 2014-2018. Jumlah data awal sebanyak 803 records setelah dilakukan proses KDD adalah data menjadi 724 records. Hasil penelitian menemukan 187 pola keseluruhan, 108 yang sesuai dengan penelitian, dan 73 pola yang memenuhi syarat dimana lift ratio ≥1. Pola yang didapat dengan nilai support tertinggi adalah jika lama studi mahasiswa 4 tahun atau kurang dari 4 tahun dengan IPK 3.01 -4.00, kota asal sekolah di Padang maka asal sekolah mahasiswa tersebut adalah SMA dengan nilai support sebesar 6,77%, confidence 11,5%, dan Lift Ratio 1,082. Proses menemukan pola hubungan antara atribut terhadap kelulusan mahasiswa ini diimplementasikan pada sebuah aplikasi yang dibangun dengan PHP dan diuji menggunakan tools RapidMiner. Pengujian membuktikan hasil antara aplikasi yang dibangun dengan tools bernilai sama besar dengan membandingkan jumlah pola, nilai support, confidence, dan nilai lift ratio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan Tinggi, Unversitas
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Dec 2019 02:14
Last Modified: 23 Dec 2019 02:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23807

Actions (login required)

View Item View Item