PENGARUH PENERAPAN STRATEGI FOUDATION INTAKEINFORMATION REAL MEANING EXPRESS YOURKNOWLEDGE USE AVAILABLERESOURCESPLAN OF ACTION (FIREUP) DALAMPEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE JIGSAW III TERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKADIMTsDARUL FALAH SALOKABUPATEN KAMPAR

Nurzakyah, (2012) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI FOUDATION INTAKEINFORMATION REAL MEANING EXPRESS YOURKNOWLEDGE USE AVAILABLERESOURCESPLAN OF ACTION (FIREUP) DALAMPEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE JIGSAW III TERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKADIMTsDARUL FALAH SALOKABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012461.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

Strategi Fire-Up dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw III adalah strategi pembelajaran dimana siswa dirancang menjadi pembelajar alami sehingga lebih mudah memahami materi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Adapun keistimewaan strategi Fire-Up ini, setiap siswa diberi tugas pendahuluan sebagai pengetahuan dasar siswa. Masalah yang timbul dalam proses belajar mengajar adalah strategi yang digunakan guru bersifat monoton, sehingga hasil belajar matematika yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Falah Salo yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIA (eksperimen) yang berjumlah 18 siswa dan VIIB (kontrol) yang berjumlah18 siswa yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji variansi. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi Fire-Up dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw III terhadap hasil belajar matematika dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan strategi Fire-Up dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw III. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh nilai thitung = 2,46 dan ttabel = 2,03. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Darul Falah Salo setelah menerapkan strategi Fire-Up dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw III. dan besar pengaruhnya adalah 15,10 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 07:51
Last Modified: 03 Feb 2016 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item