Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP/MTs

Siti Rahmi, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
4.BAB IV PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
GABUNG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Rahmi, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa Madrasah Tsanawiyah Ansharullah Pulau Birandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan Self Confidence Siswa Madrasah Tsanawiyah Ansharullah Pulau Birandang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ansharullah Pulau Birandang tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII. B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII. A sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two Factorial design). Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket untuk mengukur tingkat self confidence siswa dan tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CTL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran CTL dengan self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian secara umum model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Madrasah Tsanawiyah Ansharullah Pulau Birandang. KataKunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 21 Dec 2019 02:49
Last Modified: 21 Dec 2019 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23793

Actions (login required)

View Item View Item