PENERAPAN METODE STRATAGEM DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANGKINANG

YENDRI KEPRIMAZA, (2012) PENERAPAN METODE STRATAGEM DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012458.pdf

Download (699kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan sikap belajar siswa dalam pelajaran matematika di kelas VII A SMP Negeri 6 Bankinang setelah mengikuti Penerapan Metode Stratagem Dalam Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah : ”Apakah Penerapan Metode sratagem dalam Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan sikap belajar siswa dalam pelajaran matematikadi kelas VII A SMP Negeri 6 bangkinang? ” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Bangkinang pada semester genap tahun ajaran 2007/2008, dan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Stratagem Dalam Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan sikap belajar siswa dalam pelajaran matematika. Alasan pemilihan subjek ini diambil karena sikap belajar siswa dalam pelajaran matematika di kelas tergolong rendah. Cara pengambilan subjek yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap kelas VII A di SMP Negeri 6 Bangkinang, serta informasi yang diperoleh dari guru bidang studi bahwa kelas yang sikap belajarnya masih rendah dalam pelajaran matematika adalah di kelas VII A. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Lembar observasi dilakukan melalui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dan skor sikap siswa terhadap matematika sebelum dan sesuah tindakan. Sedangkan dokumentasin digunakan untuk mengetahui keadaan siswa, keadaan guru dan data-data mengenai sekolah tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes ”t”, dengan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini, analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Metode Stratagem dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang diterapkan dapat meningkatkan sikap belajar siswa dalam pelajaran matematika yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan sikap belajar siswa yaitu pada pertemuan awal (sebelum tindakan) rata-ratanya 47,47 sedangkan dengan Penerapan Metode Sratagem dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) rata-rata sikap belajarnya 55,02 pada siklus I ; 66,58 pada siklus II ; 66,92 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:35
Last Modified: 08 Sep 2016 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2377

Actions (login required)

View Item View Item