PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUANTAN HILIR

Difta Prayana, (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUANTAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa di SMA Negeri 1 Kuantan Hilir yang dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajarn kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid di SMA Negeri 1 Kuantan Hilir. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen) dan kelas XIIPA 2 (kelas kontrol) tahun ajaran 2014/2015 yang dipilih secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu kelarutan dan hasil kali kelarutan, pretest dan posttest sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,75 dan ttabel = 2,00. Ini berarti thitung > ttabel maka H0 ditolak Ha diterima yang berarti hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa sebesar 11%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Think Pair Share, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa, Sistem Koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Feb 2016 07:08
Last Modified: 03 Feb 2016 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2374

Actions (login required)

View Item View Item