Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran SETS (Science Environment Technology and Society) Pada Materi Laju Reaksi.

AMELIA OKTAVIANI, - (2019) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran SETS (Science Environment Technology and Society) Pada Materi Laju Reaksi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (GABUNG)
GABUNG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi karena siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal kimia terutama soal-soal dalam bentuk penyelesaian analisis dan pendalaman terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa dalam lima sub indikator berpikir kritis setelah mendapatkan pembelajaran dengan SETS(Science Environment Technology and Society) pada materi laju reaksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 14 Pekanbaru dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah The One Shot Case Study dengan sampel penelitian 34 siswa dengan menggunakan tes soal essay. Hasil analisis data menunjukkan pencapaian indikator berpikir kritis pada sub indikator menentukan suatu tindakan adalah 83.08% dengan kategori sangat baik, sub indikator berpikir kritis membuat induksi dan mempertimbangkan hasil induksi memperoleh adalah 64,33% dengan kategori baik, sub indikator mengidentifikasi asumsi adalah 69,11% dengan kategori baik, sub indikator bertanya dan menjawab pertanyaan adalah 67,64% dengan kategori baik, sub indikator mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak adalah 55,04% dengan kategori cukup. Sehingga diperoleh ratarata keterampilan berpikir kritis seluruh siswa XI MIPA 2 SMAN 14 Pekanbaru yaitu 67,86% dengan kategori baik. Kata Kunci: SETS (Science Environment Technology and Society), Berpikir Kritis,Laju Reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Dec 2019 04:03
Last Modified: 20 Dec 2019 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23735

Actions (login required)

View Item View Item