Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU

RENDRO YANIS, - (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI RENDRO YANIS.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan metode pembelajaran talking stick di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 34 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran talking stick dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui bahwa sebelum tindakan peroleh, hasil aktivitas belajar siswa dengan presentase 54,11% dengan kategori “Kurang”. Sedangkan setelah tindakan, aktivitas belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I mencapai 67,42% berada pada kategori “Cukup”. Pada siklus II meningkat menjadi 81,31% berada pada kategori “Tinggi”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:27
Last Modified: 20 Dec 2019 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23718

Actions (login required)

View Item View Item