PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR

Devita Sari, (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir sehingga Penulis memberikan solusi kepada guru untuk menerapkan strategi pembelajaran inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran inquiry dengan kemandirian belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi materi uang dan perbankan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Design With Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini, Penulis berperan sebagai observer sedangkan guru yang menerapkan strategi pembelajaran tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dan objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran inquiry terhadap kemandirian belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi materi uang dan perbankan. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan selama enam kali pertemuan, yaitu satu pertemuan dilaksanakan uji coba angket, empat kali pertemuan dengan strategi pembelajaran inquirydan satu pertemuan dilaksanakan postest. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes t. Berdasarkan hasil analisis dapat diperoleh hasil uji tes t dengan nilai thitung sebesar 4,32 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% yaitu sebesar 2,00 dan 2,65 atau (2,00 < 4,32> 2,65) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu ada perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran inquiry dengan kemandirian belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran konvensioanl pada mata pelajaran Ekonomi materi Uang dan Perbankan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dengan perbedaan mean pada kelas eksperimen sebesar 84,61 dan mean pada kelas kontrol sebesar 76,71. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Inquiry, Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Feb 2016 04:53
Last Modified: 03 Feb 2016 04:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item